MENGELOLA POLITIK HUMANIS

Oleh: Novita Damayanti Judul : Public Relations Politik Penulis : Gun Gun Heryanto dan Irwa Zarka...


Oleh: Novita Damayanti

Judul : Public Relations Politik
Penulis : Gun Gun Heryanto dan Irwa Zarkasi
Penerbit : Ghalia Indonesia
Terbitan : Februari 2012
Halaman : xvi + 160 hlm
Harga : Rp. 48.000,-
Hingga saat ini sangat sulit menemukan literatur berbahasa Indonesia yang secara utuh membahas public relations politik.
Buku yang ditulis Gun Gun Heryanto dan Irwa Zarkasi ini merupakan buku pertama public relations politik yang serius membahas berbagai konsep, pendekatan, topik-topik mendasar, sekaligus memberi contoh-contoh kasus terkait ruang lingkup kerja public relations politik. Buku ini menjadi sangat berarti bagi para akademisi, praktisi public relations, politisi, dan aktivis politik karena memberi banyak input komprehensif seputar cara mengelola politik modern secara lebih humanis.
Dalam buku yang ditulis oleh akademisi sekaligus konsultan komunikasi ini,public relationspolitik diposisikan sebagai ilmu terapan baru dalam kajian public relations. Karakteristiknya, bertujuan (pusposful communication), sengaja dan dilakukan secara sadar (intentionality), serta mengacu pada mekanisme yang sistemik. Artinya, public relations politik tidak dilakukan secara sporadis, tapi terarah dan berkesinambungan dalam pencapaian tujuan politik organisasi (halaman 21).
Buku ini memiliki kelebihan dalam menjawab berbagai hal elementer terkait pemahaman dan kerja public relations politik. Dalam uraian yang dibagi menjadi 15 bab ini, kedua penulis terlihat secara sengaja ingin memudahkan para pembaca dalam memahami public relations politik dari dasar.Dengan begitu,tak salah juga jika kita menyebut buku ini sebagai buku pengantar public relations politik yang sangat memadai untuk dijadikan referensi.Buku ini akan sangat mudah kita bagi menjadi dua bagian besar yakni penjelasan konseptual dan terapan.
Dari Bab I sampai Bab VI, penulis memberikan ulasan seputar pemahaman dasar public relationspolitik,kemudian meletakkannya dalam konteks kajian komunikasi politik. Sementara dari Bab VII sampai Bab XV, kita bisa menikmati uraian public relations politik dalam dimensi aplikatif.Misalnya terkait beragam cara dan pendekatan public relations politik dalam media relations, dinamika public relations politik di media baru, kampanye, negosiasi, propaganda, retorika, dan publisitas.
Tak berlebihan jika kita mengamini pernyataan di bagian pengantar buku ini, politik sebagai seni kemungkinankemungkinan selalu menempatkan komunikasi sebagai salah satu unsur pokok di dalamnya. Kendati komunikasi bukanlah panacea (obat mujarab) untuk semua penyakit, nyaris mustahil proses-proses politik bisa maksimal, tanpa peranan komunikasi di setiap tahapannya. Kita bisa membayangkan betapa kesulitannya proses sosialisasi politik, artikulasi dan agregasi kepentingan, rekrutmen politik tanpa melibatkan proses komunikasi yang tepat dan strategis.
Satu hal yang menjadi kekurangan buku ini adalah masih terbatasnya ulasan-ulasan kasus nyata yang dimasukkan ke dalam bahasan. Sebagaimana kita ketahui,public relationspolitik ini berjalan dinamis meski banyak fenomena kekinian yang sesungguhnya memiliki modus sama dengan yang pernah terjadi sebelumnya.Keterbatasan uraian kasus ini bisa dipahami karena orientasi utama buku ini adalah pada ulasan materi yang mengantarkan kita pada pemahaman-pemahaman elementer konseptual dari bangunan keilmuan dan terapan public relations politik.
Public relations sesungguhnya merupakan aktivitas yang dibutuhkan oleh seluruh organisasi baik komersial maupun nonkomersial. Jika sebelumnya dunia public relations sangat identik dengan dunia korporasi atau bisnis komersial,sekarang public relations juga sangat dibutuhkan peranannya dalam manajemen politik modern.
Peresensi adalah Dosen Tetap Public Relations di Universitas Prof.Dr.Moestopo Jakarta dan Kandidat Doktor Komunikasi UNPAD
Resensi ini dipublikasikan di Harian SINDO, Minggu, 19/02/2012 :
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/470566/

Related

News Update 5919951127086530570

Post a Comment

  1. pak sy mau beli buku pr politik gmn caranya?terima ksh sblmnya

    ReplyDelete

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Comments

Connect Us

Contact Us

Name

Email *

Message *

item