ERA PUBLIC RELATIONS POLITIK

Judul : Public Relations Politik Penulis : Gun Gun Heryanto dan Irwa Zarkasi Penerbit ...


Judul : Public Relations Politik
Penulis : Gun Gun Heryanto dan Irwa Zarkasi

Penerbit : Ghalia Indonesia

Terbitan : Februari 2012

Halaman : xvi + 160 hlm

Saat ini, public relations bukan hanya monopoli dunia korporasi-komersial melainkan juga penting dikuasai dan dikembangkan di ranah politik. Perubahan iklim politik Indonesia sejak 1998 hingga saat ini, memosisikan pendekatan-pendekatan public relations politik menjadi keniscayaan. Dinamika politik menghadirkan sejumlah paradoks dan begitu banyak relasi antagonistik di antara berbagai kekuatan politik, sehingga hubungan humanistik tergantikan oleh hubungan mekanistik-pragmatik. Konteks politik keindonesiaan ini, menjadi entry bagi penulis buku ini, Gun Gun Heryanto dan Irwa Zarkasi, dalam menyusun sejumlah konsep, model serta pendekatan dalam mengelola politik modern.
Buku ini, merupakan buku public relations politik pertama di Indonesia, sehingga tentunya akan menjadi sumbangsih nyata bagi khazanah keilmuan komunikasi dan politik. Anatomi bahasan yang tersebar di 15 bab memadukan pendekatan konseptual-teoritis dan analisis sejumlah isu praktis. Satu benang merah dari substansi bahasan bahwa public relations politik menjadi salah satu proses pencapaian tujuan politik melalui sejumlah kegiatan yang berorientasi pada pemahaman bersama (mutual understanding ) dan niat baik (good will) dari publik internal maupun eksternal institusi politik( Halaman 19).
Selain itu, public relations politik juga diposisikan sebagai ilmu terapan baru dalam kajian public relations. Karakteristiknya, bertujuan (pusposful communication), sengaja dan dilakukan secara sadar (intensionality), serta mengacu pada mekanisme yang sistemik. Artinya, public relations politik tidak dilakukan secara sporadis, melainkan terarah dan berkesinambungan dalam pencapaian tujuan politik organisasi (hlm.21).
Bahasan Bab I sampai Bab VI mengulas seputar pemahaman dasar public relations politik, kemudian meletakkannya dalam konteks kajian komunikasi politik. Sementara Bab VII sampai Bab XV mengurai public relations politik dalam dimensi aplikatif, antaralain pendekatan public relations politik dalam media relations, dinamika politik di media baru, kampanye, negosiasi, propaganda, retorika, serta publisitas politik.
Public relations politik merupakan bagian spesifik dari komunikasi politik yang menjalankan fungsinya sebagai manajemen komunikasi. Oleh karenanya, sejumlah aktivitas merancang, merencanakan, mengolah, melaksanakan, dan mengevaluasi segala jenis komunikasi yang dilakukan oleh organisasi politik ataupun perorangan menjadi kerja sistemik yang nyata adanya. Tentu dalam konteks praktis, orientasinya adalah membuat pesan tersampaikan secara tepat pada khalayak yang menjadi sasarannya. Tanpa komunikasi, maka sejumlah aktivitas persuasi yang dilakukan akan berjalan seolah tanpa ruh.
Hingga saat ini, banyak praktisi politik di Indonesia yang belum menyadari bahwa mereka sedang melakukan sejumlah pendekatan public relations. Sehingga, kerja-kerja public relations politik kurang tertata dengan baik. Buku ini, memberikan penekanan bahwa public relations politik bisa menjadi bagian terpenting dari komunikasi politik di era sekarang dan mendatang.
Buku ini sangat mudah dipahami oleh para akademisi, praktisi public relations, politisi, dan aktivis politik karena memberi banyak input dengan bahasa yang sederhana dan mudah diaplikasikan di lapangan. Buku ini bisa menjadi pengingat untuk pembaca, kini saatnya kita mengelola politik dengan cara-cara yang humanis.
Diresensi di Harian Jurnal Nasional, Minggu 18/03/2012 Hlm. 15 oleh:
Novita Damayanti

Dosen Tetap Public Relations di Universitas Prof. Dr. Moestopo Jakarta dan Kandidat Doktor Komunikasi UNPAD

Related

News Update 633809754500149755

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Comments

Connect Us

Contact Us

Name

Email *

Message *

item