Komunikasi Politik di Era Industri Citra

Judul : Komunikasi Politik di Era Industri Citra Penulis : Gun Gun Heryanto, M.Si Penerbit : PT. Lasswell Visitama Tebal : xxii + 365...


Judul : Komunikasi Politik di Era Industri Citra
Penulis : Gun Gun Heryanto, M.Si
Penerbit : PT. Lasswell Visitama
Tebal : xxii + 365 halaman
Terbit pertama : April, 2010


Pengetahuan dan kemampuan praktis komunikasi politik, kini telah menemukan momentumnya di Indonesia. Sebagai salah satu bidang dalam kajian komunikasi, komunikasi politik telah memiliki sejarah keilmuan yang matang. Sudah banyak sekali hasil riset, buku, publikasi jurnal yang mengkaji khazanah keilmuan komunikasi politik mulai dari kajian opini publik, propaganda hingga kajian terbaru seperti marketing politik dan komunikasi politik di dunia virtual.

Sejumlah kemampuan praktis komunikasi politik pun telah memiliki tradisi yang mapan serta potensi penerimaan pasar yang sangat maju. Misalnya kemampuan praktis dalam bidang kampanye politik, riset opini publik, iklan politik, promotor politik dan lain-lain. Dengan demikian, kajian komunikasi politik tidak semata-mata kajian teoritik melainkan juga praktis dan aplikatif. Kajian komunikasi politik tumbuh subur seiring dengan maju pesatnya industri pencitraan. Ini merupakan industri yang memfasilitasi kandidat seperti halnya produk komersial lainnya, yakni membutuhkan pengemasan dan pemasaran (marketing) yang baik.

Nilai penting komunikasi politik sesungguhnya tidak semata-mata dalam konteks profesional. Dalam keseharian pun pemahaman mengenai komunikasi politik akan sangat membantu seseorang. Jika politik dipahami sebagai aktivitas sehari-hari dalam mencapai sesuatu, maka salah satu instrumen yang senantiasa ada dalam setiap tahapannya tentu saja adalah komunikasi politik. Dalam hal ini, komunikasi politik bisa dipahami sebagai upaya sengaja mempengaruhi lingkungan politik dengan jalan mengubah atau mempertahankan sesuatu. Dengan demikian aktivitas komunikasi politik banyak terkait dengan upaya mempersuasi khalayak.

Buku ini hadir menjadi semacam potret atas dinamisasi sejumlah isu yang beragam mengenai komunikasi politik. Di bagian pertama, penulis memulainya dengan isu yang terkait dengan manajemen kesan dalam pencitraan politik yang membahas aspek teoritik dan praktis menyangkut pengemasan citra diri dalam proses pemasaran politik di situasi yang kompetitif. Bagian kedua buku ini membahas praktik komunikasi politik pemerintahan SBY. Tentu saja tak sekedar memaparkan isu melainkan juga memotretnya dari analisis teoritik. Bagian ketiga, secara khusus membahas relasi kuasa dalam komunikasi politik aktor. Beragam isu dipaparkan untuk menunjukkan kepada pembaca, bahwa komunikasi politik merupakan bagian yang sangat penting dikuasai dalam konteks relasi kuasa diantara para aktor yang terlibat dalam politik. Bagian keempat, membahas posisi penting media dalam mengkonstruksi realitas politik. Lebih khusus lagi mengenai bagaimana peran, fungsi dan dinamisasi media saat menjadi saluran komunikasi politik. Bagian kelima, memotret beberapa contoh isu dan dinamisasi komunikasi politik yang terkait dengan isu internasional.

Dinamisasi komunikasi politik yang begitu pesat ini, membuat kebutuhan pemahaman akan bidang ini menjadi sebuah keniscayaan. Banyak politisi, dosen, mahasiswa dan praktisi komunikasi lainnya yang saat ini membutuhkan banyak referensi seputar bidang komunikasi politik ini. Oleh karenanya, lasswell publishing sebagai salah satu divisi dari PT. Lasswell Visitama, pada Bulan Mei 2010 meluncurkan buku dengan judul "Komunikasi Politik di Era Industri Citra", yang ditulis oleh Gun Gun Heryanto, seorang akademisi sekaligus konsultan Komunikasi Politik. ***

INFO:

Buku ini bisa diperolah di toko-toko buku mulai 20 Mei 2010, selain itu juga anda dapat memesannya langsung melalui bagian Marketing Komunikasi PT. Lasswell Visitama Jakarta.

Marketing Komunikasi PT. Lasswell Visitama
Jl. Kemanggisan Utama V. No.6, Kemanggisan, Palmerah Jakarta Barat 11480
Email : markom@lasswellvisitama.com
Tlp : (021) 68569464
Fax : (021) 5326203
Mobile : 085694476072
081314272883

Atau bisa juga melalui email penulis: gun_heryanto@yahoo.com

Related

Books 2568220691114771316

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Comments

Connect Us

Contact Us

Name

Email *

Message *

item